Sabtu, 01 September 2012

Apasih perbedaan antara universitas, institut, sekolah tinggi, akademik??? Mungkin pertanyaan ini timbul bagi para siswa SMA, MA, SMK, SMEA, dan lain-lain yang hendak melanjutkan keperguruan tinggi.

Pada awalnya saya juga tidak mengerti apa perbedaan diantara hal tersebut akhirnya saya membuat kesimpulan dengan daya talar sendiri, ternyata memang diantara universitas , institut sekolah tinggi dan lain sebagainya. Letak perbedaan tersebut terletak pada penyelenggaraan program akademik, kalau masalah standar SKS saya kurang tahu secara pasti. Berikut ini akan saya jelaskan perbedaan tersebut secara praktis, memang sengaja saya tulis secara tidak teoritis karena pengetahuan saya tentang Universitas, Institut dan perguruan tinggi saya peroleh dari analisa saya sendiri. Harapan saya yang penting para pembaca dapat memahami secara mudah.


Universitas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program akademik( S1, S2, dan S3) atau Profesi(D1, D2, D3, D4, Sp.A, Sp.AK) yang terdiri dari beberapa fakultas (Bagian dari perguruan tinggi yang mempelajari ilmu tersendiri, yang terdiri dari beberapa jurusan). Masing-masing fakultas dalam universitas mempunyai jenis keilmuan yang berbeda antara yang satu yang lain, seperti di UIN MALIKI Malang terdiri dari fakultas tarbiyah, syari’ah, psikologi, ekonomi, humaniora dan budaya, dan sains dan teknologi. Paling tidak dalam universitas mempunyai empat fakultas yang tidak terdiri dari satu jenis keilmuan.

Sebaliknya Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademik( S1, S2, dan S3) atau Profesi(D1, D2, D3, D4, Sp.A, Sp.AK) yang terdiri dari beberapa fakultas (Bagian dari perguruan tinggi yang mempelajari ilmu tersendiri,  yang terdiri dari beberapa jurusan). Fakultas dalam institut terdiri dari satu macam jenis kelimuan yang sama seperti Institut Sunan Ampel  yang mempunyai fakultas adab, syari’ah, ushuludin,  dakwah, dan tarbiyah. Keseluruhan dari fakultas tersebut terdiri satu jenis keilmuan yang sama yaitu keilmuan islam.

Yang terakhir ini merupakan perguruan tinggi saya dibangku kuliah S1. Dari universitas mengerucut ke Institut kemudian mengerucut lagi ke sekolah tinggi, apasih sekolah tinggi (STIT, STAIN, STIA) itu? Sebenarnya agak sama sih….yaitu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademik( S1, S2, dan S3) atau Profesi(D1, D2, D3, D4, Sp.A, Sp.AK) yang memiliki satu cabang keilmuan Atau lebih mudahnya satu fakultas dech. Seperti  STIT IBNU SINA Kepanjen Malang yang mempunyai satu cabang keilmuan yaitu tarbiyah, yang memiliki dua program studi (Jurusan) yakni Pendidikan Agama Islam(PAI), dan Pendidikan B. Arab PBA.

Jadi dari keterangan diatas sudah jelas letak perbedaannya, yaitu jika universitas teridiri dari beberapa fakultas, masing-masing fakultas terdiri dari keilmuan yang tidak sejenis antara satu dengan yang lain . Institut sebaliknya yaitu terdiri dari beberapa fakultas akan tetapi dari beberapa fakultas tadi terdiri keilmuan satu jenis. Sementara sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang memiliki satu cabang ilmu pengetahuan.

Posted by Rokhimnet fuul On 05.43 1 comment

1 komentar:

  1. terima kasih informasinya. lebih jelas daripada informasi lainnya yang kata-katanya mengacu teori.

    BalasHapus

Silahkan Lampirkan Komentar anda pakai Anonymous, supaya lebih mudah

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Tips Seksual

Kesehatan Anak

Manfaat Tumbuhan Dan Buah Alami