Senin, 08 April 2013

Pengembangan kurikulum pada dasarnya seluruh rangkaian yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai tanggung jawab pendidikan, dengan tujuan dapat mengembangkan potensi peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran. Diharapkan dengan diadakannya pengembangan kurikulum dapat memberikan kontribusi pada seluruh pihak baik kepala madrasah, guru, murid dan orang tua, dan masyarakat secara umumnya. Sehingga kehadiran kerikulum dapat memberikan kesejahteraan bagi kehidupan dunia maupun akhirat. Bila dikaji secara seksama ada beberapa manfaat dari masing-masing pihak, diantaranya;

a.       Bagi murid
Dengan adanya pengembangan kurikulum para perserta didik nasibnya banyak yang tertolong. Mereka dapat mengembangkan potensinya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan mudah dan tujuan akan sering tercapai. Dengan pengembangan potensi tersebut peserta didik dapat bergerak dengan optimal dilingkungan masyarakat.

Berdasarkan prinsip relevansi, isi kurikulum harus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat. para peserta didik diharapkan dapat hidup ditengah-tengah masyarakat secara luas dan dapat memenuhi harapan semua pihak baik kebutuhan siswa, masyarakat dan pengguna lulusan ( Stakeholders). Apa artinya sebuah pendidikan jika tidak dapat menjamin kesejahteraan para peserta didik. Karena peserta didik adalah makhluk social yang akan dihadapkan berbagai masalah dalam kehidupannya, dengan diadakannya pengembangan kurikulum diharapkap proses pembelajaran lebih bermanfaat dan integral dengan lapangan masyarakat.

b.      Bagi lembaga
Pengembangan kurikulum juga memberikan kemanfaatan yang sangat besar bagi lembaga. Perkembangan pada sebuah lembaga pendidikan bukan terletak pada sarana prasarana yang megah dan serba mewah, karena sarana prasarana hanyalah sebatas  fasilitas untuk mencapai tujuan pembalajaran. Tapi sarana prasarana akan hampa dari tujuan pembelajaran bila pengembangan kurikulum diabaikan.

Terutama dalam nilai kemanfaatan pengembangan kurikulum, yaitu mengadung input yang besar bagi lembaga terhadap peserta didik, karena pendapatan siswa tergantung daya minat dari masyarakt, semakin besar daya minat dari masyarakat maka semakin besar pula pendapatan peserta didik. Daya minat bukanlah hal yang spontan hadir dalam pemikiran masyarakat, tapi melalui system yang sangat sistematis, sebenarnya daya minat terletak pada lembaga sendiri. Semakin besar lembaga dapat mencetak peserta didik yang berkualitas, perhatian masyarakat akan besar pula.

            c. Bagi guru
Bagi guru sebagai tenaga kependidikan utama di sekolah, kurikulum harus mampu menjadi
1)   Pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan tugas mendidik~melatih dan Mengajar, dalam bentuk penyusunan dan pengorganisasian pengalaman belajar yang akan disajikan kepada peserta didik.
2)    Pedoman dalam merencanakan dan melakukan evaluasi terhadap perkembangan daya serap peserta didik terhadap pengalaman belajar yang telah disajikan kepada mereka.

d.   Bagi kepala sekolah
Kurikulum harus dapat dijadikan pedoman dalam melakukan tugas-tugas sebagai administrator/ Manager (merencanakan, melaksanakan, mengontrol, mengevaluasi kegiatan pendidikan dan pengajaran ) dan supervisor (pengawasan dan bimbingan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran) dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut.

a.       Bagi masayarakat pengguna lulusan (Stakeholders)
kurikulum harus mampu mencerminkan segala kebutuhan masyarakat, agar peserta didik dengan disiplin ilmu dan profesi yang didapatnya, dia dapat diterima di tengah masyaraka
Kaitannya dengan hal tersebut, paling tidak ada 2 hal yang harus kemanfaaatan yang dapat dilakukan masyarakat.
1)   Ikut  memberikan masukan/ kritik konstruktif bagi perencanaan dan pelaksanaan serta peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di sekolah.
2)   Ikut membantu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang membutuhkan kerjasama yang  produktif dengan masyarakat, bagi pencapaian visi, misi dan mutu sekolah tersebut.

Posted by Rokhimnet fuul On 08.42 No comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Lampirkan Komentar anda pakai Anonymous, supaya lebih mudah

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Tips Seksual

Kesehatan Anak

Manfaat Tumbuhan Dan Buah Alami